Sejarah Tentang Synthesizer

16 11 2009

Moog01 Saat ini sudah tidak aneh lagi apabila musisi memainkan keyboard / synthesizer. Synthesizer, berasal dari kata ‘to synthesize’ atau mengimitasi. Yang di imitasi atau berusaha ditiru adalah suara instrumen musik akustik. Tetapi karena menggunakan komponen elektronik, hasil sound imitasi ini tidak sempurna. Mencoba meniru suara piano akustik, bass, gitar, string, drum dan lain-lain ternyata gagal, sound elektronik ini tidak mirip sama sekali dengan aslinya.

Tetapi hikmahnya, ternyata sound imitasi ini malah menjadi sound yang banyak digunakan dalam segala jenis musik baik pop, rock, jazz fusion dan sebagainya. Dalam musik pop Indonesia juga banyak digunakan misalnya pada lagu-lagu Glen Friedly (ingat intro lagu ‘Sekali Ini’), Dewa, Rio Febrian, Dewi Sandra, The Groove, Saat ini sudah tidak aneh lagi apabila musisi memainkan keyboard / synthesizer. Synthesizer, berasal dari kata ‘to synthesize’ atau mengimitasi. Yang di imitasi atau berusaha ditiru adalah suara instrumen musik akustik. Tetapi karena menggunakan komponen elektronik, hasil sound imitasi ini tidak sempurna. Mencoba meniru suara piano akustik, bass, gitar, string, drum dan lain-lain ternyata gagal, sound elektronik ini tidak mirip sama sekali dengan aslinya.

Tetapi hikmahnya, ternyata sound imitasi ini malah menjadi sound yang banyak digunakan dalam segala jenis musik baik pop, rock, jazz fusion dan sebagainya. Dalam musik pop Indonesia juga banyak digunakan misalnya pada lagu-lagu Glen Friedly (ingat intro lagu ‘Sekali Ini’), Dewa, Rio Febrian, Dewi Sandra, The Groove, Club ‘80, Indra Lesmana dan lain-lain.Tetapi apakah Anda tahu sejarah synthesizer ini ?

synth1Dalam dunia musik, nama Robert Moog (wafat tahun 2005) adalah pelopor synthesizer dan elektronik musik. Memang dia bukan yang pertama membuat synthesizer tetapi dia adalah orang yang mempopulerkan synthesizer. Synthesizer ‘Moog’ (sesuai namanya) banyak digunakan musisi seluruh dunia, yang membuat namanya identik dengan synthesizer.
Club ‘80, Indra Lesmana dan lain-lain.Tetapi apakah Anda tahu sejarah synthesizer ini ?

Dalam dunia musik, nama Robert Moog (wafat tahun 2005) adalah pelopor synthesizer dan elektronik musik. Memang dia bukan yang pertama membuat synthesizer tetapi dia adalah orang yang mempopulerkan synthesizer. Synthesizer ‘Moog’ (sesuai namanya) banyak digunakan musisi seluruh dunia, yang membuat namanya identik dengan synthesizer.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: